Semangat Baru Bersama BP2MI

  • Diposting pada 2020-01-17 08:43:03

Jakarta, BP3TKI Jakarta, Rabu (15/01) – Badan Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) kini telah berganti wajah baru menjadi Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2PMI) setelah disahkannya Peraturan Presiden Nomor 90 Tahun 2019 tentang Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) pada Desember lalu.

Kedudukan BP2MI adalah sebagai lembaga pemerintah non kementerian yang bertugas sebagai pelaksana kebijakan dalam pelayanan dan pelindungan PMI secara terpadu. BP2MI berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Presiden melalui menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan.

Dengan bergantinya nama, BP2MI tidak serta merta berubah haluan dan fungsinya. BP2MI sebagai revitalisasi dari BNP2TKI memiliki fungsi sebagai pelaksana kebijakan penempatan dan pelindungan PMI, pelaksana pelayanan dan pelindungan PMI, penerbitan dan pencabutan surat izin perekrutan PMI, penyelenggara penempatan PMI, pengawasan pelayanan jaminan sosial.  BP2MI juga melaksanakan pemenuhan hak PMI, verifikasi dokumen PMI, dan lain-lain.

Nantinya, BP2MI terdiri akan terfokus penugasan perwilayah penempatan sehingga BP2MI terdiri dipimpin oleh seorang Kepala, Sekretaris Utama, Deputi Bidang Penempatan dan Pelindungan Kawasan Asia dan Afrika, Deputi Bidang Penempatan dan Pelindungan Kawasan Amerika dan Pasifik, serta Deputi Bidang Penempatan dan Pelindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah.

Untuk menunjang tugas dan fungsinya di daerah, BP2MI akan dibantu oleh unit pelaksana teknis yang akan dipimpin oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis.

Kepala BP3TKI Jakarta, Mocharom Ashadi menyambut baik perubahan dan pembaruan BNP2TKI menjadi BP2MI. Menurutnya, dengan adanya badan yang baru hendaknya kualitas dalam memberikan pelayanan baik penempatan dan pelindungan bagi PMI jauh meningkat.

“Badan baru, harus tumbuh semangat baru dalam melayani PMI baik penempatan dan pelindungan sejak sebelum, masa, dan sesudah PMI bekerja ke luar negeri. Harusnya dengan revitalisasi per kawasan wilayan ini kita lebih fokus melindungi PMI” jelasnya. (Humas/pw)

https://jdih.bnp2tki.go.id/images/Salinan_Perpres_Nomor_90_Tahun_2019.pdfhttps://jdih.bnp2tki.go.id/images/Salinan_Perpres_Nomor_90_Tahun_2019.pdf