BNP2TKI Tandatangani PKS dengan PUSDIK KKP Bantu Taruna-Taruni Bekerja ke Luar Negeri

  • Diposting pada 2019-08-28 08:41:31

Bitung, BNP2TKI (23/08/2019) -- Penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) tentang Penyediaan dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia di bidang kelautan dan perikanan, penandatanganan ini dilakukan di Politeknik Kelautan dan Perikanan Bitung Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (22/8/2019). 

Penandatangan dilakukan langsung oleh Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan, Bambang Suprakto dan Direktur Pemetaan dan Harmonisasi Kualitas Tenaga Kerja Luar Negeri I, Deputi Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Promosi BNP2TKI, Seriulina BR. Tarigan. Kedua belah pihak menyepakati kerja sama ini dan berharap agar kesepakatan yang terjalin mampu meningkatkan sinergi dan memberikan dampak positf bagi kedua belah pihak terutama para Taruna-Taruni Politeknik Kelautan dan Perikanan.

Penandatangan PKS tersebut di saksikan juga oleh Sekjen KKP, Nilanto Perbowo dan Wakil Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri.

Seriulina mengatakan penandatangan PKS ini dilakukan saat wisuda 108 Taruna - Taruni Jurusan Teknik Pengolaan Ikan, Teknik Pengolahan Produk Perikanan dan Mekanisme Perikanan Politeknik Kelautan dan Perikanan Bitung Provinsi Sulawesi Utara.

Sebagai tindak lanjut dari PKS ini  untuk membantu Taruna-Taruni yg ingin bekerja ke luar negeri, dengan menyiapkan kompetensinya sebelum lulus sesuai dengan syarat pekerjaan (demand) dari pengguna di berbagai negara, diharapkan begitu lulus kuliah tidak ada yang menganggur, ungkap Seriulina. 

Seriulina juga menyebutkan BNP2TKI akan secara rutin menyampaikan informasi peluang kerja luar negeri ke Sekolah yang ada di bawah Pusat Pendidikan Kelautan Perikanan di seluruh Indonesia, sehingga potensi Supply di sektor fishing dapat terpetakan dengan baik pula.

Lebih lanjut Serulina mengatakan bahwa kegiatan ini masih dalam rangkaian kunjungan Sekretaris Utama (Sestama) BNP2TKI, Tatang Budie Utama Razak  ke Provinsi Sulawesi Utara, yang sebelumnya Rabu, 21 Agustus 2019 Sestama BNP2TKI memberikan Kuliah Umum di Politeknik Kelautan dan Perikanan Bitung serta Diseminasi Informasi melalui Radio RRI Manado.** (Humas/Aff)