BP3TKI Jakarta Dampingi BNP2TKI dan Bank Indonesia Ujicoba Survei Remitansi PMI

  • Diposting pada 2019-01-30 09:08:12

Jakarta, BP3TKI Jakarta, Selasa (25/01) – Untuk memperoleh data dan informasi mengenai pola remitansi PMI, BP3TKI Jakarta turut mendampingi Direktorat Pemberdayaan BNP2TKI serta Bank Indonesia untuk melakukan ujicoba kuesioner survei kepada 50 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang sedang melaksanakan Pembekalan Akhir Pemberangkatan (PAP) di Kantor BP3TKI Jakarta, Jalan Penganten Ali No.71.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Pemberdayaan BNP2TKI, Kasubdit Kerjasama Antar Lembaga BNP2TKI, Kepala BP3TKI Jakarta, serta Analis Ekonomi Bank Indonesia. Secara nasional, target survei adalah CPMI, PMI aktif, PMI re-entry, eks PMI, PMI Purna dan Keluarganya. Namun, koresponden survei yang dilaksanakan di Kelas PAP BP3TKI Jakarta hanya melibatkan  PMI yang pernah bekerja ke luar negeri (eks PMI). Survei dilakukan pukul 07.30 wib, sebelum materi PAP dilaksanakan.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Pemberdayaan BNP2TKI, A. Gatot Hermawan menjelaskan bahwa BNP2TKI dan Bank Indonesia akan menyelenggarakan survei terkait pola perhitungan remitansi. “Bapak Ibu rekan-rekan Calon Pekerja Migran Indonesia, kami bermaksud menyampaikan kuesioner ini dengan harapan Bapak Ibu dapat memberikan informasi terkait gaji yang diterima, gaji yang dikirim ke Indonesia maupun fasilitas pengiriman dan penerimaan oleh PMI dan Keluarga PMI”, paparnya.

Kepala BP3TKI Jakarta, Mucharom Ashadi berpendapat bahwa kegiatan semacam ini sangat diperlukan untuk mengetahui seberapa besar remitansi yang dikirimkan PMI. “Survei semacam ini jelas sangat membantu untuk mengetahui sebesar apa PMI mengirimkan uang kepada keluarga setiap bulannya serta bagaimana cara pengirimannya sehingga kita paham betul pola remitansinya seperti apa”, jelas Mucharom.

Untuk selanjutnya, pelaksanaan survei akan dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan Juli 2019 mendatang. (Humas/pw/za)